Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 2, No 2 (2014): Ilmu Keolahragaan

PENGARUH PERIODE PENUNDAAN 5 DETIK SETELAH UMPAN BALIK DIBERIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR MELAKUKAN

Pitoy, Mordekhai (Unknown)
Lengkong, Jan (Unknown)
Sirang, Deny (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Rumusan masalah adalah : apakah terdapat pengaruh periode penundaan 5 detik setelah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar pasing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMK Kristen 1 Tomohon? Penelitian ini bertujuan mengkaji peningkatan rata-rata periode penundaan 5 detik setelah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar pasing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMK Kristen 1 Tomohon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian adalah pre-test dan post-test dengan kelompok-kelompok yang diacak (pre test post test randomized two group design). Penelitian dilaksanakan selama dua bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu. Populasi adalah siswa putra kelas XI SMK Kristen 1 Tomohon berjumlah 200 siswa. Sampel adalah siswa putra Kelas XI SMK Kristen 1 Tomohon berjumlah 20 orang, dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 10 orang dan kelompok kontrol 10 orang. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan passing bawah. Hipotesa penelitian adalah terdapat pengaruh periode penundaan 5 detik setelah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar pasing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMK Kristen 1 Tomohon. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis statistik uji-t, sebelum uji-t dilakukan maka terlebih dahulu diawali dengan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian: 1) Periode penundaan 5 detik setelah umpan balik diberikan dapat meningkatkan hasil belajar melakukan pasing bawah dalam permainan bola voli kelompok eksperimen; 2) Terjadi peningkatan hasil belajar melakukan pasing bawah dalam permainan bola voli yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan periode penundaan 5 detik setelah umpan balik diberikan; 3) Tidak terjadi peningkatan hasil belajar melakukan pasing bawah dalam permainan bola voli pada kelompok kontrol; 4) Hasil belajar melakukan pasing bawah dalam permainan bola voli ditemukan lebih baik pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Kesimpulan adalah terdapat pengaruh periode penundaan 5 detik setelah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar melakukan pasing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMK Kristen 1 Tomohon.

Copyrights © 2014