Rumusan masalah dalam penelitian ini âapakah ketrampilan servis atas dalam permainan bola voli dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan belajar dril dan bermain pada siswa-siswa SMP Negeri 4 Rainis. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah pendekatan dengan menggunakan metode dril dan bermain dapat meningkatkan kemampuan servis atas  dalam permainan bola voli pada siswa-siswa kelas VIII SMP Negeri Rainis. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Rainis. Penelitian ini mengikutsertakan 1 orang guru  sebagai observer proses belajar mengajar. Siswa yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 26 orang. Siswa yang dikenakan tindakan,. Berdasarkan pengamatan peneliti dilapangan terdapat 3 anak yang sudah cukup terampil / lulus dari 26 anak jumlah kelas VIII yang  mampu melakukan tehnik service atas dengan nilai 65 ke atas ,sedangkan yang 23 anak masih belum terampil yang harus dikenai tindakan mendapat nilai kurang dari 65 dan dinyatakan belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dan tindakan pada tiap siklus dari dua (2) siklus yang telah berlangsung dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rainis  pada praktek servis atas dalam permainan bola voli tahun pelajaran 2013/2014 mengalami peningkatan kualitas setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dengan dril dan bermain. Peningkatan hasil belajar pada kegiatan belajar menigajar dari siklus I ke siklus II untuk kriteria baik sekali memperoleh 4 orang siswa ( 15,3% ), kriteria baik memperoleh,19 orang siswa (73,1% )dan kriteria cukup memperoleh 3 orang siswa ( 11,6% ). Data ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah termasuk dalam kategori tuntas kerena, ketuntasan yang diperoleh dari kriteria baik dan baik sekali telah mencapai ( 84,4% ).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014