Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ketrampilan sepak bola dapat ditingkatkan dengan Pemberian metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 53 manado. Ingin mengetahui Apakah pendekatan Pemberian metode demonstrasi dapat meningkatkan ketrerampilan  dalam permainan sepak bola pada siswa-siswa kelas V SD Negeri 53 Manado. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SD Negeri 53 Manado. Penelitian ini mengikutsertakan 1 orang guru  sebagai observer proses belajar mengajar. Siswa yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan pengamatan peneliti dilapangan terdapat 2 anak yang sudah cukup terampil / lulus dari 24 anak jumlah kelas V yang  mampu melakukan tehnik dasar sepak bola dengan nilai 65 ke atas ,sedangkan yang 22 anak masih belum terampil yang harus dikenai tindakan mendapat nilai kurang dari 65 dan dinyatakan belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dan tindakan pada tiap siklus dari dua (2) siklus yang telah berlangsung dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 53 manado  pada praktek permainan sepak bola tahun pelajaran 2013/2014 mengalami peningkatan kualitas setelah pembelajaran dengan Pemberian metode demonstrasi. . Peningkatan hasil belajar  pada kegiatan belajar mengajar dari siklus I ke siklus II untuk kriteria baik sekali dapat terlihat bahwa aktivitas siswa memperoleh kriteria kurang adalah  ( 0% ), terjadi peningkatan pada aspek baik dan baik sekali, pada aspek menendang bola dan menggiring bola meningkat sangat signifikan meningkat sampai (90%). Dengan demikian maka aspek-aspek aktivitas siswa pada kegiatan belajar mengajar telah sesuai dengan harapan kurikulum.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014