Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 2, No 2 (2014): Ilmu Keolahragaan

KETERAMPILAN SPIKE DALAM PERMAINAN BOLA VOLI ( PENERAPAN STRATEGI LATIHAN TERUS MENERUS PADA SISWA SMP N 1 MANGANITU SELATAN )

kawangung, yegel (Unknown)
Podung, Beatrix (Unknown)
Legi, Berty (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh strategi latihan terus-menerus terhadap keterampilan spike. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah rata-rata skor dari siswa yang diajar Strategi latihan terus menerus lebih tinggi dibanding dengan rata-rata skor keterampilan spike dari siswa yang tidak diberi perlakuan. Metode yang dugunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hipotesa dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh strategi latihan terus-menerus terhadap keterampilan spike siswa SMP N 1 Manganitu Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Manganitu Selatan yang berjumlah 15 orang yang di ambil secara acak. Waktu penelitian dilaksanakan selama satu bulan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pengaruh X ke Y, dimana X adalah strategi latihan terus-menerus dan Y adalah keterampilan spike. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Lapangan bola voli SMP N 1 Manganitu Selatan, Bola voli, Net, Vormulir tes, Alat tulis menulis. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistika. Data yang diperoleh dalam pengukuran/pengetesan, masih bersifat data mentah yang perlu diolah sehingga data tersebut mempunyai arti. Sehubungan dengan hal-hal tersebut maka untuk menguji penelitian yang telah dirumuskan, maka dalam penelitian akan digunakan teknik uji t dengan taraf signifikansi α 0,05. Dari hasil analisis pengujian hipotesa penelitian, diperoleh thitung senilai 2.809 sedangkan t tabel yang diperoleh dari dk n1 + n2 – 2 = 15 + 15 – 2 = 28 dengan taraf kepercayaan adalah 2.048. Sesuai dengan kriteria pengujian jika t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak yang berarti HA diterima. Oleh sebab itu kesimpulan pada penelitian ini adalah rata-rata skor keterampilan spike dalam permainan bola voli dari siswa yang diajar dengan strategi latihan terus menerus lebih tinggi dibanding dengan rata-rata skor keterampilan spike dari siswa yang tidak diberikan perlakuan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi latihan terus-menerus terhadap keterampilan spike siswa SMP N 1 Manganitu Selatan.

Copyrights © 2014