Masalah dalam penelitian ini adalah : apakah penerapan gaya mengajar komando memberi pengaruh terhadap keterampilan sepak sila dalam permainan sepak takraw pada siswa putra SMP Negeri 3 Tomohon. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah gaya mengajar komando  memberi pengaruh terhadap keterampilan sepak sila dalam permainan sepak takraw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Dengan sampel 20 orang siswa yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok ini diberikan tes awal dan tes akhir. Hipotesa dalam penelitian ini terdapat pengaruh gaya mengajar komanda terhadap keterampilan sepak sila dalam permainan sepak takraw pada siswa putra SMP Negeri 3 Tomohon. Metode statistik yang digunakan dalam menganalisis data adalah statistik uji t dengan taraf signifikan  α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengujian uji thitung = 3,95 lebih besar dari  ttabel =1,73, sehingga kesimpulannya menolak hipotesis statistik (Ho) dan menerima hipotesa (HA) bahwa kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan gaya mengajar komando memberikan pengaruh terhadap ketermpilam sepak sila dalam permainan sepak takraw pada siswa putra SMP Negeri 3 Tomohon. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian gaya mengajar komando memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap keterampilan sepak sila dalam permainan sepak takraw pada siswa putra SMP Negeri 3 Tomohon. Kata kunci : Gaya mengajar komando, sepak sila, takraw
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014