Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penugasan, demonstrasi, pembagian tugas akan meningkatkan keaktifan, motivasi, meningkatkan pendidikan jasmani siswa kelas V SD Negeri Inpres Nabarua nabire. Tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode bagian dan demonstrasi adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan keaktifan siswa yang pada akhirnya juga meningkat pada hasil belajar pendidikan jasmani kelas V SD Negeri Inpres Nabarua nabire. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang ada di kelas V SD Negeri Inpres Nabarua Nabire berjumlah 30 orang siswa terdiri dari laki- laki 14 orang dan perempuan 16 orang. Tempat penelitian di SD Negeri Inpres Nabarua Nabire. Prosedur pelaksanaan penelitian meliputi : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil pencapaian yang terjadi pada pembelajaran penjaskes siswa aktif mengikuti gerakan-gerakan dan bermain dengan tugas kelompok dan individu secara drmonstrasi, sehingga selesai dengan nilai yang memuaskan sesuai dengan tujuan yang dicapai. Kesimpulan : perbaikan pembelajaran dan meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran olahraga sepak bola. Dengan membuat perencanaan pembelajaran yang baik, persiapan alat olahraga yang digunakan serta penguasaan materi sangat menunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran olahraga sepak bola. Penguasaan materi pelajaran oleh siswa dapat tercapai dengan baik setelah melakukan suklus I dan siklus II perbaikan pembelajaran. Meningkatkan prestasi belajar sepak bola dan dengan bimbingan guru yang baik serta dapat menguasai siswa secara individu dan kelompok dapat penguasaan siswa. Kata Kunci : Menendang Mengontrol, Menyundul, Sepak Bola
Copyrights © 2014