Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah siswa kelas VIII SMP N 1 dan Siswa Kelas VIII SMP N 2 Sinonsayang memiliki keterampilan teknik dasar permainan sepak bola yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar permainan sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Sinonsayang yang berjumlah 65 siswa dan siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Sinonsayang yang berjumlah 86 siswa, tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dari masing-masing sekolah dengan jumlah 20 orang siswa yang diambil secara acak sederhana (simple random sampling) sehinga jumlah keseluruhan sampel adalah 40 orang siswa putra. Hasil penelitian Keterampilan teknik dasar yang dimiliki siswa SMP N 1 dan SMP N 2 Sinonsayang secara umum adalah 49,92 (50%) berada pada kategori sedang. Siswa SMP N 1 Sinonsayang memiliki tingkat keterampilan teknik dasar sepak bola secara umum berada pada kategori sedang dengan nilai t-score 49,80 (50%), untuk teknik dasar memainkan bola dengan kepala (heading) dengan nilai 49,7, sepak dan hentikan bola (passing/stoping) dengan nilai 50,6, menggiring bola (dribbling) dengan nilai 49,2, menendang kesasaran (shooting) dengan nilai 49,72, sedangkan untuk SMP N 2 Sinonsayang secara secara umum berada pada kategori sedang dengan nilai t-score 49,85 (50%), untuk memainkan bola dengan kepala (heading) dengan nilai 49,6, sepak dan hentikan bola (passing/stopping) dengan nilai 49,8, menggiring bola (dribbling) dengan nilai 50, dan untuk menendang kesasaran (shooting) dengan nilai 50. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan teknik dasar sepak bola (heading, passing and stopping, dribbling, shooting) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinonsayang dan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sinonsayang berada pada kategori sedang. Kata kunci: Keterampilan, Teknik Dasar, Sepak Bola.
Copyrights © 2014