JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Implementasi Model Blended Learning pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Banuhampu pada Masa Covid-19

Ali Akbar (Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Iswantir M (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Supratman Zakir (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Meylann Melani (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa saat pembelajaran online melalui media google classroom dan whatsapp tidak menyebabkan turunnya nilai Pendidikan Agama Islam siswa tetapi menimbulkan tumbuhnya budaya copy paste saat latihan maupun ulangan MID semester, sehingga kebanyakan siswa yang mendapatkan nilai yang optimal namun tidak bisa menjelaskan kembali apa isi dan jawaban dari soal tersebut. peserta didik. Walaupun demikian masih terdapat sedikit banyaknya manfaat dari media pembelajaran online melalui google classroom dan whatsapp dalam proses pembelajaran saat era new normal. Pada pembelajaran online melalui media grup whatsapp hambatan yang dialami siswa yaitu: pengumuman sering tertutup dengan chat yang baru, selanjutnya banyak siswa yang berebut untuk mengisi daftar absensi, sehingga menyebabkan kurang kondusifnya grup tersebut, jika ada praktek melalui video call whatsapp maka sering penjelasan dari guru tidak terdengar karena sinyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi model blended learning pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Banuhampu pada Masa Covid-19. Dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasi model blended learning pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Banuhampu pada Masa Covid-19.Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kualitatif. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PAI SMP Negeri 1 Banuhampu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan observasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis induktif data yang meliputi pengumpulan, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa: 1.Implementasi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Banuhampu pada kelas IX yaitu dengan memadukan pembelajaran online dengan offline. Dengan menghadirkan 50% siswa belajar tatap muka ke sekolah dan 50% siswa belajar daring di rumah mereka masing-masing. 2.Analisis faktor pendukung pembelajaran blended learning dalam PAI diantaranya : sarana dan prasarana yang memadai, penggunaan metode, serta penggunaan aplikasi yang tepat dalam pembelajaran daring. Sedangkan analisis faktor penghambat pembelajaran blended learning dalam PAI adalah masalah jaringan internet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...