JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Kepatuhan Remaja di Jorong Bukit Gombak Situak Kenagarian Mungo Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota

Wahmil Fitri (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Bukittinggi, Indonesia)
Budi Santosa (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Bukittinggi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya remaja yang keluar rumah setelah jam 21.00 WIB, remaja tidak patuh terhadap aturan dan norma serta remaja yang bertamu dan menerima tamu melebihi jam yang telah ditetapkan, hal ini menyebabkan remaja lalai akan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kematangan emosi terhadap kepatuhan remaja di Jorong Bukit Gombak Situak Kenagarian Mungo Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian adalah kuantitatif yang bersifat regresi. Populasi adalah 30 orang remaja berusia 18-21 tahun. Sample adalah seluruh dari jumlah remaja di Jorong Bukit Gombak Situak Kenagarian Mungo Kecamatan Luak Kabupaten lima Puluh Kota dengan menggunakan teknik total Sampling. Dalam pengolahan data penulis menggunakana Teknik Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Analisis Korelasi, Uji Koefisien Determinan (R2), dan Uji Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,004 lebih kecil dari < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “terdapat pengaruh kematangan emosi (X) terhadap kepatuhan remaja (Y). Pengaruh tersebut adalah bersifat positif. Perhitungan didapatkan koefisien determinasi sebesar 26,1% memberikan pengaruh terhadap kepatuhan remaja, dan 73,9% ditentukan oleh faktor lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...