JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022

HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 03 PAJO

Ija Srirahmawati (STKIP Yapis Dompu)
Angga Putra (STKIP Yapis Dompu)
Taufik Taufik (STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 03 Pajo tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas IV SDN 03 Pajo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.  Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa data kuantitatif. Setelah data penelitian terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) Pengasuhan Orangtua dan motivasi belajar siswa SDN 03 Pajo berada pada kategori tinggi (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengasuhan orangtua dengan motivasi belajar siswa. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh berbeda-beda yang diterapkan orang tua. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, menyusul pola asuh otoriter dan permisif. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Pengasuhan Orangtua, Motivasi Belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpd

Publisher

Subject

Education

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama ...