Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 03 Pajo tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas IV SDN 03 Pajo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.  Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa data kuantitatif. Setelah data penelitian terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) Pengasuhan Orangtua dan motivasi belajar siswa SDN 03 Pajo berada pada kategori tinggi (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengasuhan orangtua dengan motivasi belajar siswa. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh berbeda-beda yang diterapkan orang tua. Pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua, menyusul pola asuh otoriter dan permisif. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Pengasuhan Orangtua, Motivasi Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022