Matematika adalah ilmu yang mempelajari bentuk, besaran, dan konsep yang saling berhubungan serta dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebudayaan merupakan satu kesatuan yang utuh yang dapat diterapkan pada masyarakat sehingga budaya sangat dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Pengaitan budaya dan matematika diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih inovatif, menyenangkan sekaligus bisa lebih mengenal budaya yang ada di sekitarnya. Salah satu tempat bersejarah di Bogor adalah Monumen dan Museum PETA. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi etnomatematika pada Monumen dan Museum PETA. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan observasi secara langsung, penelitian literatur dan dokumentasi. Menurut hasil pengamatan peneliti menemukan beberapa konsep matematika yang membentuk bangun datar di sekitar Monumen dan Museum PETA. Berdasarkan hasil eksplorasi pada Monumen dan Museum PETA terlihat adanya konsep matematika yaitu bidang segi empat, sisi lengkung, dan segitiga. Konsep tersebut dapat dikaitkan terhadap pembelajaran matematika salah satunya dalam pengenalan bentuk-bentuk bangun datar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022