DODOTO
Vol 2 No 02 (2021): "Dodoto"Volume 21 No 21 Januari 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD GMIH PITU PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 SUMBER ENERGI

Muhamad Refki Yunus (Dosen PGSD Universitas Hein Namotemo Tobelo)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD GMIH Pitu pada tema 2 sub tema 1 sumber energi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 16 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes hasil belajar siswa serta lembar observasi guru dan siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, maka hasil aktivitas guru yang diperoleh pada siklus pertama sebesar 56,81%, aktivitas siswa sebesar 56,64% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang siswa atau 62,50%. Pada siklus II, data yang diperoleh aktivitas guru meningkat menjadi 68,18%, aktivitas siswa meningkat menjadi 71,56% dan jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 12 orang siswa atau 75,00%. Dengan demikian, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 4 SD GMIH Pitu pada tema 2 sub tema 1 sumber energi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dodoto

Publisher

Subject

Education

Description

FOCUS dan SCOPE Jurnal DODOTO pada Bidang kajian ILMU PENDIDIKANJurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, dosen, guru, dan praktisi pendidikan. Seluruh artikel yang masuk akan dilakukan review minimal dua orang reviewer, dan ...