Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa yang menerima umpan balik dengaan penundaan selama 10 detik setelah melakukan teknik drop shoot dalam permainan bulutangkis di SMP PGRI Pinaras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yang dalam pelaksanaannya akan melakukan pengujian awal pretest dan penguujian setelah perlakuan post test. Untuk menguji kemampan melakukan drop shot maka instrument yang tepat adalah drop shot tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid laki-laki SMP PGRI Pinaras yang berjumlah 71 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak sederhana atau âsimple random samplingâ siswa yang mendapatkan gulungan kertas bertuliskan angka 1 sampai 30 adalah siswa yang akan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan pengambilan nilai tes kemampuan menempatkan kok sesuai dengan nilai yang tercantum pada instrument penelitian.. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa rata-rata kemampuan drop shot kelompok eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kemampuan drop shot dari kelompok Kontrol. Pemberian umpan balik pada pembelajaran penjas pada kemampuan pukulan drop shot dalam permainan bulutangkis dapat memotivasi siswa untuk melakukan pukulan drop shot lebih baik lagi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi umpan balik dengan siswa yang tidak diberi umpan balik pada pembelajaran penjas pada kemampuan pukulan drop shot dalam permainan bulu tangkis di SMP PGRI Pinaras Kata Kunci: Umpan Balik, Penundaan 10 Detik, Teknik Drop shoot
Copyrights © 2014