Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 2, No 2 (2014): Ilmu Keolahragaan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM, PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS 2 SMP 14 PEBRUARI TATELI KECAMATAN PINELENG

terry, jusupm (Unknown)
Mangindaan, J. J. (Unknown)
Pinangkaan, Edita.A.M (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Rumusan masalah penelitian iniadalah apakah model pembelajaran picture and picture memberi pengaruh terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas 2 SMP 14 Pebruari Tateli kecamatan Pineleng? Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas 2 SMP 14 Pebruari Tateli Kecamatan Pineleng. Hipotesa penelitian ini bahwa terdapat pengaruh penerapan model mengajar picture and pikture terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas 2 SMP 14 Februari Tateli Kecamatan Pineleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalh metode penelitian tindakan kelas (PTK) class action research sebagai cara untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil analisis penelitian ini bahwa pada setiap kategori terjadi peningkatan yang merata meskipun pada siklus 1 peningkatannya rendah dibandingkan dengan siklus 2. Hal ini disebabkan pada siklus 2 tingkat kesulitan yang diberikan agak ditambah sehingga anak dapat berpikir kritis dalam menghadapi tantangan yang diberikannya, sehingga anak dapat mengaplikasikan teknik dasar bola basket chest pass kedalam permainan yang sebenarnya. Kesimpulan penelitian pengajaran bola basket chest pass melalui model pembelajaran picture and picture dalam latar belakang penelitian tindakan kelas bahwa model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar pada permainan bola basket chast pass sehingga siswa dapat mengaplikasikannya kedalam permainan bola basket. Kata Kunci : Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar, Chest Pass    

Copyrights © 2014