Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 1 (2022): 1 Januari - 30 Juni 2022 (In Press)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PENGGUNA JASA MASKAPAI SRIWIJAYA AIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

Khofifah Irma Hafsani (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)
Fryda Fatmayati (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

AbstrakDunia penerbangan saat ini berkembang dengan pesat dan banyak diminati juga memiliki daya tarik yang cukup besar kepada pengguna jasa penerbangan. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, setiap perusahaan tentunya perlu melakukan peningkatan kualitas pelayanan dan citra perusahaan yang dimiliki sehingga dapat mempertahankan juga meningkatkan jumlah konsumen untuk menggunakan jasa perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli ulang pengguna jasa maskapai Sriwijaya Air di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini yaitu i) kualitas pelayanan berpengaruh  terhadap minat beli ulang pengguna jasa maskapai sriwijaya air di Bandar udara Internasional Juanda surabaya yang dapat dilihat dari nilai thitung 3,721 > ttabel 1,985. ii) citra perusahaan berpengaruh terhadap minat beli ulang pengguna jasa maskapai sriwijaya air di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya yang dapat dilihat dari nilai thitung 4,002 > ttabel 1,985. iii) Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh  terhadap minat beli ulang pengguna jasa maskapai sriwijaya air di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya yang dapat dilihat dari nilai Fhitung 68,067 > Ftabel 3,09 dengan besarnya pengaruh 58,4%.Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Minat Beli Ulang AbstractThe world of aviation is currently growing rapidly and is in great demand and has a considerable appeal to flight service users. To be able to survive in the competition, every company certainly needs to improve the quality of service and the image of the company it has so that it can maintain and increase the number of consumers to use the company's services. This research was conducted with the aim of knowing the effect of service quality and corporate image either partially or simultaneously on the repurchase intention of Sriwijaya Air service users at Juanda International Airport, Surabaya. This research was conducted at Juanda International Airport, Surabaya. The research method used is a quantitative method with data collection techniques using a questionnaire. The results of this study are i) the quality of service affects the repurchase interest of Sriwijaya Air airline service users at Juanda International Airport, Surabaya which can be seen from the value of tcount 3.721 > ttable 1.985. ii) company image has an effect on repurchase interest of Sriwijaya Air airline service users at Juanda International Airport Surabaya which can be seen from the value of tcount 4,002 > ttable 1,985. iii) Based on the results of the F test, it shows that service quality and company image simultaneously affect the repurchase interest of Sriwijaya Air airline service users at Juanda International Airport, Surabaya, which can be seen from the Fcount 68,067 > Ftable 3,09 with a magnitude of 58.4%. .Keywords: Quality of Service, Company Image, Repurchase Interest

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...