Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 1 (2022): 1 Januari - 30 Juni 2022 (In Press)

Pengaruh Ketepatan Waktu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Reputasi Perusahaan Penerbangan Lion Air di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur

Lievani Christiani (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)
Fryda Fatmayati (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

AbstrakReputasi perusahaan penerbangan biasanya tercipta melalui kesan yang diberi perusahaan kepada penumpang baik dari segi ketepatan waktu dan juga kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Ketepatan Waktu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Reputasi Perusahaan Penerbangan Lion Air di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT). Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan pengolahan data menggunakan program software SPSS 20.0. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, ujit, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis pada uji F menunjukkan uji F hitung > F tabel, artinya terdapat pengaruh ketepatan waktu dan kualitas pelayanan terhadap reputasi perusahaan penerbangan Lion Air di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT). Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel ketepatan waktu dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan penerbangan. Dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 72,9%.Kata Kunci: ketepatan waktu, Kualitas Pelayanan, Reputasi perusahaan Penerbangan, Lion Air AbstractThe reputation of the airline company is usually created through the impression that the company gives to passengers both in terms of timeliness and quality of service provided. The purpose of this study was to determine the effect of punctuality and service quality on the reputation of the Lion Air airline at Komodo Airport, Labuan Bajo, East Nusa Tenggara (NTT). This study uses a quantitative approach. And the sampling technique in this study used a purposive sampling technique. The data collection technique in this study used a questionnaire with data processing using the SPSS 20.0 software program.The analytical method used is validity test, reliability test, multiple linear regression, test, F test, and coefficient of determination (R2). The results of the analysis on the F test show that the F test count > F table, meaning that there is an influence on timeliness and service quality on the reputation of the Lion Air airline at Komodo Airport, Labuan Bajo, East Nusa Tenggara (NTT). The results of multiple linear regression analysis can be seen that the variables of timeliness and service quality have a positive effect on the reputation of airlines. And the result of the coefficient of determination (R2) is 72.9%.Keywords: punctuality, service quality, airline reputation, Lion Air

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...