Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 1 (2022): 1 Januari - 30 Juni 2022 (In Press)

Pengaruh Kesiapan dan Motivasi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring

Santi Yuniarti (Universitas Terbuka Yogyakarta)
Septian Aji Permana (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ketut Budiastra (Universitas Terbuka Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kesiapan dan motivasi terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas V SD di Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V SD Negeri di Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo dengan populasi berjumlah 638. Sampel yang digunakan sebanyak 245. Variabel independen pada penelitian ini adalah kesiapan belajar dan motivasi belajar, sedangkan variabel dependen adalah kemandirian belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket secara daring. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 26. Dari nilai koefisien regresi kesiapan belajar (X1), motivasi belajar (X2), dan kemandirian belajar (Y) dapat dibuat persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 3,207 + 0,431X1 + 0,772X2. Berdasarkan analisis data statistik pengaruh kesiapan dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar diperoleh koefisien korelasi ganda (R) = 0,801 dan koefisien determinan (R2) = 0,642. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara kesiapan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar Peserta Didik Kelas V SD di Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo dalam pembelajaran daring sebesar 64,2% dan selebihnya 35,8% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Kesiapan, Motivasi, dan Kemandirian Belajar AbstractThis research aims to examine the influence of readiness and motivation on the learning independence of elementary school V students in Kapanewon Wates Kulon Progo Regency in online learning. This research was conducted on students of class V of State Elementary School in Kapanewon Wates Kulon Progo Regency with a population of 638. The sample used was 245. The independent variables in this study are learning readiness and learning motivation, while the dependent variable is learning independence. Data collection in this study using questionnaires online. Variable measurements are carried out using the Likert scale. Data analysis is performed using multiple linear regression with the help of SPSS 26 software. From the value of the learning readiness regression coefficient (X1), learning motivation (X2), and learning independence (Y) can be made double linear regression equations as follows Y = 3.207 + 0.431X1 + 0.772X2. Based on statistical data analysis, the influence of readiness and motivation of learning on learning independence obtained a double correlation coefficient (R) = 0.801 and determinant coefficient (R2) = 0.642. This means that there is a strong influence between the readiness and motivation of learning together on the learning independence of Class V elementary school learners in Kapanewon Wates Kulon Progo Regency in online learning by 64.2% and the remaining 35.8% influenced by other factors. Keywords: Readiness, Motivation, and Learning Independence

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...