Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 2 (2022): Desember 2022

Analisis Motivasi Belajar Sebagai Mediasi Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Siswa Pada Mata Pelajaran PAI

Nenda Nenda (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2022

Abstract

AbstrakFenomena yang terjadi di lapangan yaitu rendahnya kemandirian belajar. Penulis menduga bahwa kemandirian dapat dibentuk melalui efikasi diri dan motivasi belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dan verivikatif. Sampel yang digunakan yaitu 130 yang berlokasi SMK Armaniyah Bekasi. Teknik pengumpulan data yaitu angket. Sedangkan teknik analisis data yaitu SEM. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara efikasi diri dengan motivasi belajar yaitu sebesar 64%. Terdapat pengaruh secara langsung efikasi diri terhadap kemandirian sebesar 22,1% dan pengaruh tidak langsung sebesar 22,1%. Terdapat pengaruh motivasi belajar secara langsung terhadap kemandirian sebesar 31,4% dan pengaruh tidak langsung melalui efikasi diri sebesar 22%. Terdapat pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar secara langsung dan tidak langsung sebesar 96%Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian, Motivasi Belajar AbstractThe phenomenon that occurs in the field is the low independence of learning. The author suspects that independence can be formed through self-efficacy and motivation to learn. The purpose of the study was to analyze the influence of self-efficacy and learning motivation on learning independence. The methods used are descriptive and verivicative. The samples used were 130 located at SMK Armaniyah Bekasi. The data collection technique is questionnaires. Meanwhile, the data analysis technique is SEM. The results of the study concluded that there was an influence between self-efficacy and learning motivation, which was 64%. There was a direct effect of self-efficacy on independence by 22.1% and indirect influence by 22.1%. There was an influence of direct learning motivation on independence by 31.4% and indirect influence through self-efficacy by 22%. There is an influence of self-efficacy and learning motivation on direct and indirect learning independence by 96%Keywords: Self-Efficacy, Independence, Motivation to Learn

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...