AbstrakLatar belakang Penelitian ini ialah kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Dan untuk meningkatkan motivasi siswa tersebut perlu adanya dorongan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini mempunya tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick serta prosentasenya terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI. Dan jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian observasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Adapun objek  dalam Penelitian ini adalah siswa Kelas XI. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Talking Stick serta prosentasenya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di MA Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo.Kata Kunci: Model Talking Stick, Sejarah Indonesia, Motivasi Belajar. AbstractThe background of this research is the lack of student motivation in learning. And to increase the motivation of these students, there needs to be encouragement by using the Talking Stick learning model. This study has a purpose to determine the effect of the Talking Stick learning model and its percentage on student motivation in the Indonesian History subject class XI. And this type of research uses observation research using quantitative methods. The objects in this study were students of Class XI. The results of this study indicate that there is an effect of the Talking Stick learning model and its percentage on students' learning motivation in the Indonesian History subject class XI at MA Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo.Keywords: Talking Stick Learning Model, Indonesian History, Motivation in Learning.
Copyrights © 2022