AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Masyarakat Kota Tasikmalaya mengenai bunga bank, margin dan bagi hasil, dan bertujuan sejauh mana pegawai bank syariah menyampaikan terkait buga bank, margin dan bagi hasil kepada para nasabahnya. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui perilaku keuangan masyarakat dan pegawai bank setelah memahami dan menyampaikan bunga bank, margin dan bagi hasil. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis data primer yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online dan offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bunga bank (X1) untuk masyarakat Kota Tasikmalaya dan pegawai bank syariah Kota Tasikmalaya terbukti tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perilaku keuangan (Y). Variabel bagi hasil (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan (Y) masyarakat Kota Tasikmalaya dan berpengaruh negatif dan tidak signifikan bagi pegawai bank syariah Kota Tasikmalaya. Variabel margin terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan (Y) pegawai bank syariah Kota Tasikmalaya dan tidak signifikan bagi masyarakat Kota Tasikmalaya. Bagi hasil (X2) memiliki pengaruh positif terhadap perilaku keuangan dengan nilai pengaruh pada perilaku keuangan (Y) sebesar 21,7% untuk masyarakat Kota Tasikmalaya. Sementara untuk pegawai bank syariah Kota Tasikmalaya memiliki pengaruh sebesar 21,2%.Kata Kunci: Bunga Bank, Bagi Hasil, Margin, Perilaku Keuangan
Copyrights © 2022