Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbandingan kelincahan antara laki-laki dan perempuan umur 9 Tahun di SD Inpres Kumelembuai? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi kelincahan siswa kelas IV-V usia 9 tahun SD Inpres Kumelembuai. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki dan perempuan kelas IV-V usia 9 tahun SD Inpres Kumelembuai ?. berjumlah 48 siswa yang terdidri dari 24 anak laki-laki dan 24 anak perempuan.â Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalahâdot drill tesâ untuk mengukur kemampuan kelincahan. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistic deskriptif dengan pola sebagai berikut : Analisa perbedaan kategori, Analisa perbedaan rata-rata dan Analisa variasi distribusi Hasil analisa menunjukan bahwa Kategori kelincahan anak laki-laki dan perempuan usia 9 tahun baru sampai pada level sedang dan kurang, belum ada yang mampu mencapai kategori baik ataupun baik sekali. Terdapat perbedaan kelincahan antara anak laki-laki dan perempuan pada usia 9 tahun. Dimana rerata kelincahan anak laki-laki dengan nilai 16.08, sedangkan rerata kelincahan anak perempuan dengan nilai 14. Pada kategori sedang prosentase kelincahan anak laki-laki sebesar 70.83% dan pada kategori kurang prosentasenya sebesar 29.17%. prosentase kelincahan anak perempuan pada kategori sedang sebesar 41.67% dan pada kategori kurang sebesar 58.33%. Kesimpulan Hasil penelitian ini adalah Terdapat perbedaan kelincahan antara anak laki-laki dan perempuan umur 9 Tahun SD Inpres Kumelembuai Kata Kunci : Kelincahan, Dot Drill Tes
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015