Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 2 (2022): Desember 2022

Strategi Pengembangan Kurikulum Pesantren Berbasis Asrama pada Lembaga Pendidikan Islam

Fitri Wahyuningsing (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar)
Sarina Aini (Sekolah Tinggi Agama Islam Tgk. Chik Pante Kulu Banda Aceh)
Ulil Azmi (Sekolah Tinggi Agama Islam Tgk. Chik Pante Kulu Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

AbstrakLembaga Pendidikan Islam adalah salah satu lembaga pendidikan yang bernuansaka islami karena berllndaskan Al-Qur’an dan Hadist sebagai rujukan kurikulummnya. Pesantren merupakan salah satu lebaga pendidikan Islam yang berupaya untuk mengaplikasikan konsep Islam dalam kurikulummnya. Salah satu tujuan dari pada kurikulum adalah agar para santri mengenal Allah dengan potensi-potensi yang ada. Secara aksiologi, para santeri mempunyai nilai-nilai akhlakul karimah. Umumnya di di Pesantren terdapat asrama sebagai tempat tinggal bagi para santri. Banyak program-program yang diterapkan di asrama. Implementasi dari program asrama diharapkan dapat mengembangan bakat serta potensi yang ada dalam diri para santri. Agar hal tersebut terealisasikan, maka dibutuhkan kurikulum yang afektif dan efesien untuk menggapai apa-apa yang teah dicita-citakan oleh sebuah pesantren tersebut.Kata Kunci: Kurikulum Pesantren, Asrama, Lembaga Pendidikan Islam

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...