Abstrak Anak tunagrahita mengalami hambatan merespon rangsangan sehingga memerlukan penanganan khusus melalui pendidikan jasmani adaptif. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif sudah berjalan akan tetapi kurang maksimal karena kondisi anak yang berbeda, sumber belajar yang minim, motivasi serta pengertian orang tua yang kurang. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif cabang olahraga bulutangkis bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tiga orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan semua tahapan pembelajaran, namun masih menemui kesulitan sehingga guru berupaya mencari buku sumber, metode yang bervareatif, memotivasi anak untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran. Rekomendasi ditunjukkan bagi guru agar dapat menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dengan kondisi dan kemampuan anak. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Adaptif, Tunagrahita Ringan
Copyrights © 2022