TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam
Vol 3 No 1 (2022): TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam

Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Regulasi Emosi pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi

Kurniawan, Muhammad Fajar (Unknown)
Mulyani, Mulyani (Unknown)
Imadduddin, Imadduddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

Skripsi menjadi syarat penentu dalam menyelesaikan pendidikan di beberapa Perguruan Tinggi. Mahasiswa cenderung mengalami stress dan kesulitan mengendalikan emosi ketika mengerjakan skripsi. Adanya dukungan sosial dari teman sebaya diyakini dapat membantu mahasiswa meredakan emosi negatif yang dihasilkan stress mengerjakan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah dukungan sosial teman sebaya berhubungan dengan kemampuan regulasi emosi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Peneliti menggunakan metode kuantitatif korelasi untuk menjawab pertanyaan penelitian. Responden yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin yang berjumlah 213 orang. Pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling. Skala dukungan sosial teman sebaya dan skala regulasi emosi sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Data empirik kemudian dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya dukungan sosial teman sebaya berhubungan dengan tinggi rendahnya regulasi emosi. Skor koefisien signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,000 (p < 0,05). Adapun besaran yang dihasilkan dukungan sosial teman sebaya terhadap regulasi emosi mahasiswa sebesar 7,3%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TAUJIHAT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam is a journal published periodically by the Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah - Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. The TAUJIHAT journal focuses on psychological studies in general and counselling guidance in the context of ...