Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 5 No. 2 (2017): Desember

KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMAN 1 SIAK HULU

Akhmad Suyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Siak Hulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Siak Hulu dengan jumlah siswa 74 orang. Terdiri dari 2 kelas, setiap kelasnya terdiri atas 36 orang kelas XI IPS 1dan 38 orang kelas XI IPS 2. Penelitian ini dilakukan 4 kali pertemuan pada masing-masing kelasnya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2016. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan pengambilan data kemudian dilakukan uji homogenitas untuk menentukan kelas sampel, dan terdapat kelas XI IPS 1sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Setelah kelas sampel ditentukan maka kelas XI IPS 1diterapkannya perlakuan menggunakan metode Problem Solving sedangkan kelas XI IPS 2menggunakan metode Team Assisted Individualization kemudian dilakukan pengambilan data post tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran mengalami perbedaan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh masing-masing setiap kelasnya, kelas XI IPS 1 83,61 dan XI IPS 2 84,21. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Problem Solving hasil belajarnya rendah dibandingkan hasil belajar dengan menggunakan metode Team Assisted Individualization lebih tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui metode Problem Solving dengan Team Assisted Individualization Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMAN 1 Siak Hulu tidak terdapat perbedaan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...