Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 6 No. 1 (2018): Juni

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 3 TAPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Akhmad Suyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 3 Tapung. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 3 Tapung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan One Way Annova. Gaya belajar siswa diukur menggunakan angket gaya belajar yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas oleh penelitian terdahulu. Sedangkan untuk variable hasil belajar menggunakan dokumentasi sekolah. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa hal ini ditunjukkan oleh Fhitung 4,812 > Ftable 3,106 pada taraf signifikasi α = 0,05. Uji lanjut menggunakan tukey yang membuktikan bahwa ada pengaruh antara hasil belajar antara visua, auditorial, dan kinestetik yang signifikan. Dari nilai mean Difference membuktikan bahwa gaya belajar kinestetik berpengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar dibandingkan dengan gaya belajar visual, dan auditorial dari hasil Mean Difference yaitu 6,14074. Kata kunci: Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik, Hasil Belajar Akuntansi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...