Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 5 No. 1 (2016): Juni

PENGARUH PENGETAHUAN AWAL AKUNTANSI DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Akhmad Suyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan 1) pengaruh pengetahuan awal akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa, 2) pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa, 3) pengaruh interaksi pengetahuan awal akuntansi, self efficacy terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dengan desain factorial. Analisis yang digunakan analisis two way anova. Variabel dalam penelitian ini meliputi pengetahuan awal akuntansi (X1), self efficacy (X2) dan hasil belajar mahasiswa akuntansi (Y). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi akuntansi FKIP UIR. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster. Sehingga berjumlah 157 mahasiswa angkatan 2008. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan awal akuntansi berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa dengan f hitung 42,207> f tabel 3,0988. Self efficacy berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dengan f hitung sebesar 30,879 > f tabel 3,0988. Terdapat pengaruh interaksi antara pengetahuan awal akuntansi dan self efficacy terhadap hasil belajar akuntansi dengan f hitung sebesar 4,471 > f tabel 3,0988. Kata kunci; Pengetahuan akuntansi sebelumnya, self efficacy, dan hasil belajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...