Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 8 No. 1 (2020): Juni

PENGARUH TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA YLPI PEKANBARU

Lasmaida Yanti (Unknown)
Zakir Has (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksplanatori dengan sampel adalah siswa kelas X IPS SMA YLPI yang berjumlah 67 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa tingkat percaya diri siswa SMA YLPI Pekanbaru berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini diketahui dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel atau 10,651 > 2,970 dengan tingkat signifikansi 0,000 > α = 0,05. Besarnya pengaruh tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar adalah sebesar 59,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...