Rumusan masalah penelitian ini ialah apakah ada perbandingan keseimbangan dinamis antara anak laki-laki dan perempuan pada usia 11 tahun?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur perbandingan keseimbangan dinamis diantara anak laki-laki dan perempuan pada usia 11 tahun yang ada di SD GMIM Koya Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah âpre-test and post test randomized group designâ. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas Vl SD GMIM KOYA berjumlah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa yang masing-masing mendapat kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah âModified Bass test of Dynamic Balance. Hasil analisis data keseimbangan dinamis kelompok anak laki-laki diperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 69 dengan standar deviasi atau simpangan baku 5.42  dengan tingkat penyebaran data atau varians sebesar 29.47368421 dan data keseimbangan dinamis kelompok anak perempuan skor rata-rata (mean) sebesar 65.45 dengan standar deviasi atau simpangan baku 8.44 dengan tingkat penyebaran data atau varians sebesar 71.31315789. Dilihat dari skor rata-rata (mean) kedua kelompok tersebut menunjukkan bahwa keseimbangan dinamis  kelompok anak laki-laki lebih baik yakni sebesar 69. sedangkan keseimbangan dinamis  kelompok anak perempuan  sebesar 65,45. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara keseimbangan dinamis kelompok anak laki-laki dan keseimbangan dinamis kelompok anak perempuan.  Kata Kunci : Keseimbangan, Siswa Usia 11 Tahun
Copyrights © 2015