Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis
Vol 2, No 1 (2022): JMOB (Maret 2022)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN

Annisa Azzahra (Universitas Riau Kepulauan, Batam)
Dian Arianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Sebagian peserta didik menganggap matematika pelajaran yang sulit dipahami. Salah satu penyebab yang peneliti temukan ialah tidak tepatnya pendekatan yang diterapkan oleh guru pada pembelajaran. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat menjadi salah satu solusi. Pendekatan RME dalam materi "Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)" di kelas V SD Swasta Permata Hati Kota Batam sangat efektif diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Di awal pembelajaran guru memberikan pengalaman secara langsung kepada peserta didik sehingga peserta didik menemukan konsep matematikanya sendiri. Dengan menerapkan pendekatan RME, jumlah peserta didik yang mencapai indikator keberhasilan di materi dan kelas tersebut pada siklus akhir berjumlah 25 orang (92,59%) dari 27 peserta didik dengan nilai rata-rata kelas mencapai 88,9. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendekatan RME dapat meningkatkan pola pikir dan prestasi/hasil belajar peserta didik dengan materi tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMOB

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis (JMOB) mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang belum diterbitkan dimanapun dalam bentuk apapun. JMOB fokus pada bidang keilmuan seperti: Manajemen, Organisasi, Bisnis, dan kajian lainnya yang relevan. Terbit 4 nomor dalam setahun, yaitu bulan ...