Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran materi dasar elektronika berbasis Macromedia Flash. Materi yang digunakan adalah teori muatan listrik, jenis-jenis penghantar, teori dasar listrik, komponen elektronika, sambungan kabel, dan rangkaian elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan 5 tahap, yaitu analisis produk, mengembangkan produk awal, validasi dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Teknik pengambilan data menggunakan angket/kuesioner. Penilaian kelayakan media oleh 3 ahli media dan 3 ahli materi menggunakan skala Guttman serta 42 responden menggunakan skala Likert dengan rentang 1-5. Responden adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Hasil penilaian ketiga ahli media memperoleh nilai rata-rata 19 dan ketiga ahli materi memperoleh nilai rata-rata 36 dengan kategori layak. Hasil uji coba lapangan skala kecil pada 12 responden memperoleh rerata 3,71 dan hasil uji coba lapangan skala besar pada 30 responden memperoleh rerata 4 dengan kategori layak.
Copyrights © 2021