Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa ditunjukkan dengan menggabungkan penerapan metode praktikum dengan pendekatan budaya lokal (etnosains). Adapun tujuan pengabdian ini dilaksanakan yaitu untuk menjawab pengaruh metode praktikum berbasis etnosains terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa. Pengambilan data dilaksanakan di MAS NW Kembang Kerang, Lombok Timur yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Penilaian keterampilan proses sains siswa pada masing-masing kelas dilakukan dengan metode observasi menggunakan lembar observasi yang berisi beberapa aspek penilaian keterampilan proses sains siswa. Hasil analisis dengan metode kualitatif yang didapatkan yaitu keterampilan proses sains siswa pada kelas eskperimen memberikan persentase yang lebih tinggi yaitu 95% dibandingkan dengan pada kelas kontrol yaitu 77,6%. Persentase ini menunjukkan bahwa penerapan metode praktikum berbasis etnosains dapat meningkatkan keterampilan proses sains secara signifikan. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat serta menjawab bahwa penerapan metode praktikum dengan pendekatan etnosains dapat meningkatkan keterampilan proses sains sis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022