Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Pelatihan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbasis Potensi Lokal Bagi Guru di SMPN 3 Batukliang

Ahmad Busyairi (Unknown)
Joni Rokhmat (Unknown)
Kosim (Unknown)
Gunawan (Unknown)
Jannatin Ardhuha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Baru-baru ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan Kurikulum Prototipe. Salah satu pendekatan yang dipandang relevan dan sejalan dengan kurikulum Prototipe ini yaitu pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pelatihan penerapan pembelajaran STEM berbasis potensi lokal bagi guru-guru di SMPN 3 Batukliang. Kegiatan dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2022 dan diikuti oleh 18 peserta yang merupakan guru-guru mata pelajaran di SMPN 3 Batukliang. Kegiatan dilakukan dalam 4 (empat) tahapan utama yaitu; (1) penyampaian materi, (2) demonstrasi, (3) praktek pengintegrasian STEM berbasis potensi lokal dalam pembelajaran, dan (4) tanggapan dan Evaluasi. Seluruh kegiatan berjalan dengan baik. Sebanyak 100% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini memberi manfaat dan dapat menambah pemahaman tentang pendekatan pembelajaran STEM. Sebanyak 83,33% perseta meyakini bahwa dengan menerapkan pembelajaran STEM dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Seluruh peserta berkeinginan untuk menerapkan pembelajaran STEM namun 72,22% dari peserta menyatakan ragu-ragu apakah mereka nantinya akan mengalami kesulitan atau hambatan pada saat menerapkan pendekatan STEM dalam pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...