Matematika yang bersifat abstrak seringkali membuat siswa kesulitan dalam memahami materinya, sehingga tidak sedikit siswa yang merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini akan berdampak pada hasil ulangan matematika yang didapat, banyak siswa yang selalu mendapatkan nilai di bawah KKM sehingga proses pembelajaran harus diulang. Belum adanya pembelajaran matematika yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, membuat pelajaran matematika menjadi momok yang menakutkan buat mereka. Alternative yang dapat dilakukan oleh guru adalah menggunakan pembelajaran melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan suatu pendekatan yang dibuat khusus untuk pembelajaran matematika. Pendekatan PMRI sangat cocok untuk diterapkan di Sekolah Dasar karena pendekatan ini beranjak dari kehidupan nyata siswa, lingkungan yang dekat dengan kehidupan siswa. Siswa diajak untuk melakukan suatu aktivitas sederhana, melalui aktivitas ini siswa dapat memahami konsep dari suatu pembelajaran matematika. Sehingga kami akan mengadakan Pelatihan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Bagi Guru Kelas Sekolah Dasar di Kota Lubuklinggau. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam memahami pelajaran matematika. Kata kunci: Matematika, KKM, PMRI
Copyrights © 2021