Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 3 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TERAWAS.

Nanda Resti, Ayu (Unknown)
Mandasari, Novianti (Unknown)
Bagus Kusnanto, Raden Angga (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 3 Terawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif danmetode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Menggunakan soal essay berjumlah 7 soal Sampel Penelitian adalah yaitu kelas V terdiri dari 16 Siswa.Teknik analisis data dengan menggunakan uji-Z. Rata nilai Pre-test 45,57 dan rata nilai post-test 80,08. Berdasarkan Hasil analisis uji-z nilai Zhitung (5,44) dan Ztabel 1,64 jika dibandingkan maka Zhitung > Ztabel. Untuk tes akhir pada taraf signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 3 Terawas setelah menggunakan Model Pembelajaran Make a Match secara signifikan tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...