Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 3 Terawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif danmetode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Menggunakan soal essay berjumlah 7 soal Sampel Penelitian adalah yaitu kelas V terdiri dari 16 Siswa.Teknik analisis data dengan menggunakan uji-Z. Rata nilai Pre-test 45,57 dan rata nilai post-test 80,08. Berdasarkan Hasil analisis uji-z nilai Zhitung (5,44) dan Ztabel 1,64 jika dibandingkan maka Zhitung > Ztabel. Untuk tes akhir pada taraf signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 3 Terawas setelah menggunakan Model Pembelajaran Make a Match secara signifikan tuntas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022