Olympus : Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi
Vol. 2 No. 01: Juni 2021

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESIPROKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA-SISWA PUTRA SMP KATOLIK St. MIKAEL MANADO

Michael Wowiling (Universitas Negeri Manado)
Djoni Sunkudon (Universitas Negeri Manado)
Tony Pandaleke (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKRumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode pembelajaran rsiprokal dapatmemberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar servis panjang dlm permainan bulu tangkis ? Penelitianini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan metode pembelajaran resiprokal terhadap peningkatan hasilbelajar servis panjang dalam permainan bulu tangkis . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeeksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa siswa putra SMP Katolik St. MikaelManado yang berjumlah 30 siswa dan terbagi atas dua kelompok yakni kelompok eksperimen dengan jumlahsampel 15 orang dan kelompok nkontrol dengan jumlah sampel 15 orang. Rancangan penelitian yang dipakaiadalah Randominzed Pre-Test and Post-Test control group Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah teskemampuan servis panjang dalam permainan bulu tangkis. Bentuk dan alat yang digunakan adalah lapangan bulutangkis, net, cok, sumpritan, dan alat tulis menulis. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh penerapanmetode pembelajaran resiprokal terhadap peningkatan hasil belajar servis panjang dalam permainan bulu tangkissiswa siswa putra SMP Katolik St. Mikael Manado.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisisstatistik uji-t, sebelum uji-t dilakukan maka terlebih dahulu diawali dengan pengujian persyaratan analisis yaitu ujinormalitas data dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan menggunakan uji variansbesar banding varians kecil. Dan datanya normal dan homogeny.Hasil penelitian ini menunjukkan diperoleh thitunglebih besar dari ttabel, yaitu thitung = 9.12 > ttabel = 2.048, sehingga Ho ditolak yang berarti HA diterima. Dengandemikian hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran resiprokalterhadap peningkatan hasil belajar servis panjang dalam permainan bulu tangkis siswa siswa putra SMP KatolikSt. Mikael Manado. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaranresiprokal terhadap peningkatan hasil belajar servis panjang dalam permainan bulu tangkis siswa siswa putraSMP Katolik St. Mikael Manado

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

olympus

Publisher

Subject

Education Health Professions

Description

Journal contains research theme or conceptual articles about physical education, sports, health, and recreation. The journal can be use by people, especially professionals and who concern about physical education, sports, health, and recreation. Manuscript journal contains research theme or ...