ABSTRAKRumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh gayamengajar resiprokal terhadap peningkatan hasil belahar gerak dasar dalam pasingbawah bola voli pada siswa SMK Kristen 1 Tomohon. Tujuan penelitian : untukmengetahui sejauh mana pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajargerak dasar pasing bawah bola voli pada siswa SMK Kristen 1 Tomohon.Hipotesa penelitian : Gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh terhadappeningkatan hasil belajar gerak dasar pasing bawah bola voli pada siswa SMKKristen 1 Tomohon.Metode penelitian yang digunakan adalah metodeeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKKristen 1 Tomohon berjumlah 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah30 orang siswa putra yang di ambil secara acak (random). Sampel dibagi menjadi2 kelompok setiap kelompok beranggotakan 15 orang, kelompok pertamaeksperimen dan kelompok kedua kontrol.Instrumen penelitian : tes kemampuangerak dasar pasing bawah dalam permainan bola voli. Rancangan penelitianmenggunakan : pre – test and post – tes randomized control groupdesign.Pengujian Hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Teknikanalisa data menggunakan teknik analisis statistik uji t dua sampel independen,sebelum uji t, diawali terlebih dahulu dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitasdengan uji lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji F.Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar gerak dasar pasing bawahdalam permainan bola voli kelompok eksperimen dengan menggunakan gayamengajar resprokal lebih baik dari rata-rata peningkatan hasil belajar gerak dasarpasing bawah dalam permainan bola voli kelompok kontrol yang tidakmendapatkan perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan gayamengajar resiprokal memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar gerakdasar pasing bawah dalam permainan bola voli pada siswa SMK Kristen 1Tomohon.
Copyrights © 2021