Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Systematic Literature Review: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika

Choifah Choifah (Universitas Negeri Semarang)
Amin Suyitno (Universitas Negeri Semarang)
Emi Pujiastuti (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu systematic literature review. Systematic literature review terdiri dari tiga tahap yaitu planning, conducting, dan reporting. Tahap planning yaitu penetapan protokol systematic literature review. Tahap ini meliputi penentuan topik dan penetapan kriteria pencarian artikel. Tahap conducting yaitu pelaksanaan systematic literature review. Tahap ini meliputi pencarian artikel, pemilihan artikel, dan sintesis data. Tahap reporting yaitu tahapan akhir dalam systematic literature review. Tahap ini meliputi penulisan hasil systematic literature review sesuai dengan format yang telah ditentukan. Berdasarkan kajian 15 artikel internasional dan 5 artikel nasional, penerapan model pembelajaran Problem Based Solving merupakan upaya yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Selain Problem Based Learning, terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, antara lain yaitu dengan menerapkan Open Ended, Open Inquiry, Project Based Learning, Resource Based Learning, Creative Problem Solving, Realistic Mathematics, atau Guided Inquiry dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...