Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 3 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo

Khardiyawan A. Y. Pauweni (Universitas Negeri Gorontalo)
Deya Ismail Uwange (Universitas Negeri Gorontalo)
Sumarno Ismail (Universitas Negeri Gorontalo)
Putri Ekawaty Kobandaha (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras dengan menggunakan aplikasi GeoGebra. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 15 Gorontalo pada tahun ajaran 2021-2022 semester genap. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 20 siswa dan seorang guru sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa dan tes hasil belajar. Penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 61,25% menjadi 82,5%. Selanjutnya hasil pengamatan siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik juga maningkat dari 61,11% menjadi 80,56%. Untuk hasil belajar mengalami peningkatan yaitu 64,91% menjadi 81,83%. Semua aspek penilaian telah mencapai indikator keberhasilan belajar pada siklus II melalui penerapan aplikasi GeoGebra.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...