Penelitian bertujuan untuk mendeskiprsikan pendidikan karakter dalam tinjauan psikologis dan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dengan melakukan analisis isi terhadap literatur-literatur yang berhubungan dengan pendidikan karakter tinjauan psikologi dan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan pola reduksi data yang terkait dengan pendidikan karakter, kemudian menyajikannya secara sistematis dan dianalisis secara deskriptif-interpretatif dengan perspektif psikologis. Setiap ajaran Islam memiliki dasar pemikiran, begitupun dengan pendidikan karakter. Dasar pendidikan karakter dalam Islam adalah Quran dan Hadis. Karakter Islam adalah karakter yang memelihara eksistensi manusia sebagai makhluk bio-psiko-spiritual-religius, mahluk yang dilahirkan dengan membawa potensi fitrah. Secara teoritik, pendidikan karakter Islam berbeda dengan pola pendidikan karakter yang dikembangkan di dunia barat. Inti perbedaannya adalah keberadaan pesan Tuhan sebagai dasar pendidikan karakter, sehingga pendidikan karakter lebih sering dilakukan secara doktriner dan dogmatis, sehingga pola implementasi pendidikan karakter dalam Islam cenderung lebih pada teaching right and wrong. Disamping itu, implementasi dan aktualisasi pendidikan karakter juga dituntut untuk memperhatikan kondisi psikologis dan tahapan perkembangan anak didik, sehingga pelaksanaan pendidikan karater dapat mencapai tujuan yang diharapkan.”
Copyrights © 2021