Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Kemampuan Technological Knowledge Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dea Mustika (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Jamaris Jamaris (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Yalvema Miaz (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Yanti Fitria (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Sufyarma Marsidin (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Technological Knowledge adalah bagian kerangka TPACK berupa pengetahuan guru tentang teknologi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan technological knowledge mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini melibatkan mahasiswa program studi PGSD FKIP angkatan 2019 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 60 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa angket technological knowledge yang terdiri dari dua indikator utama yaitu pengetahuan teknologi dan pemanfaatan teknologi. Hasil pengolahan data angket secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 84 dengan kriteria baik. Disimpulkan, bahwa mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar telah mempunyai pemahaman dan dapat menggunakan tekhnologi dengan baikĀ  untuk mendukung keterlaksanaan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...