Journal of Education Action Research
Vol 6 No 3 (2022): August 2022

Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Aplikasi Quizizz

Jati, Dionisius Heckie Puspoko (Unknown)
Mediatati, Nani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar PPKn siswa dalam proses pembelajaran daring disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa menggunakan aplikasi quizizz. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, dimana pada masing-masing siklus penelitian terdapat empat tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas VII SMP yang berjumlah 34 siswa. pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara dengan instrument penelitian berupa tes hasil belajar PPKn. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan ditentukan sebesar 90% peserta didik hasil belajarnya tuntas KKM ≥75. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persentase ketercapaian yang tuntas KKM pada pra siklus adalah 47% menjadi 56% siklus I dan 100% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah penggunaan aplikasi quizizz.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...