Rendahnya hasil belajar PPKn siswa dalam proses pembelajaran daring disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa menggunakan aplikasi quizizz. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, dimana pada masing-masing siklus penelitian terdapat empat tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas VII SMP yang berjumlah 34 siswa. pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara dengan instrument penelitian berupa tes hasil belajar PPKn. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan ditentukan sebesar 90% peserta didik hasil belajarnya tuntas KKM ≥75. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persentase ketercapaian yang tuntas KKM pada pra siklus adalah 47% menjadi 56% siklus I dan 100% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah penggunaan aplikasi quizizz.
Copyrights © 2022