Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 2 (2022): Agustus

Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Kognitif Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IV SD

Ria Budi Astuti (Universitas Kristen Satya Wacana)
Gamaliel Septian Airlanda (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Permasalahan mengenai kesulitan pembelajaran perlu ditemukan solusi yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai dengan mudah. Berdasarkan hasil survei TIMSS, kemampuan kognitif siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam di Indonesia menduduki peringkat 71 dari 80. Penerapan metode yang sesuai dengan karakter pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam perlu dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap kognitif belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kuasi eskperimen tipe Nonequivalent Control Group Design dengan menerapkan observasi terhadap peningkatan kognitif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap kognitif belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV. Hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikasi yang diperoleh sebesar sig.2 tailed 0,584 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test yaitu dengan penggunaan metode eksperimen dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 33 , sedangkan dengan penggunan metode ceramah  dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 26.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...