Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepraktisan LKPD berorientasi HOTS pada materi biologi semester genap kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahapan implementasi LKPD dilakukan di SMA Kristen Rantepao dengan subjek penelitian yaitu 3 orang guru biologi dan 25 orang peserta didik kelas X. Untuk menguji kepraktisan LKPD ini, instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi keterlaksanaan LKPD, (2) angket respon guru, dan (3) angket respon peserta didik. Hasil analisis keterlaksanaan  LKPD diperoleh skor rata-rata yaitu 4,4. Hasil analisis respon guru menunjukkan nilai rata-rata  4,4. Hasil analisis respon peserta didik menunjukkan nilai rata-rata  4,48 . Ketiga nilai rata-rata yang dihasilkan yang berada pada interval 4≤IO5 yang berada pada kriteria praktis. Berdasarkan hasil analisis keterlaksanaan LKPD, respon guru dan respon peserta didik yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi HOTS pada materi biologi semester genap kelas X SMA telah memenuhi kriteria praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022