VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 13, No 2 (2022): NOPEMBER

STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI DARING DAN LURING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 244 GURUMINDA

Azahra Dewanti Galuh (Universitas Pendidikan Indonesia)
Delia Maharani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Latifah Meynawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Prihantini Prihantini (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

ABSTRAKIndonesia terkena dampak dari Pandemi Covid-19, salah satunya pendidikan di Indonesia, maka diberlakukannya pembalajaran daring, dalam pembelajaran daring banyak kendala yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk memahami strategi pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi Covid –19 di SD Negeri 244 Guruminda. Penelitian ini  menggunakan metode penelitian wawancara di SD Negeri 244 Guruminda kepada salah seorang guru yang mengajar disana serta memberikan beberapa pertanyaan yang terdapat hubungan dengan judul yang kita ambil. Pendekatan  deskriptif kualitatif. Dengan memanfaatkan 2 sumber data, yaitu primer dan sekunder dengan cara melakukan wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat bahwa pembelajaran daring dan luring di SD Negeri 244 Guruminda memiliki banyak perbedaan serta kendala di masing-masing metode pembelajaran seperti terkendala jaringan, kurangnya konsentrasi dalam belajar, serta perubahan sikap yang terjadi diakibatkan kurangnya pengawasan dalam belajar di rumah. Namun kendala tersebut bisa diatasi dengan melakukan metode door to door serta home visit yang dilakukan guru demi mengatasi kendala pembelajaran daring yang terjadi.Kata Kunci: Pembelajaran daring, Pembelajaran luring, Sekolah Dasar, Pandemi Covid-19ABSTRACTIndonesia is affected by the Covid-19 Pandemic, one of which is education in Indonesia, so the implementation of bold learning, in learning there are many obstacles faced by educators and students. The purpose of this research is to understand the strategy for implementing online and offline learning during the Covid-19 pandemic at SD Negeri 244 Guruminda. This research use desciptive qualitative approach. By utilizing 2 sources of data, namely primary and secondary by conducting interviews, direct observation and documentation. The results showed that online and offline learning at SD Negeri 244 Guruminda had many differences and obstacles in each learning method such as network constraints, lack of concentration in learning, and significant changes in attitude due to lack of supervision in studying at home. However, these obstacles can be overcome by conducting door to door methods and home visits by teachers in order to overcome the online learning obstacles that occur.Keywords: Online learning, Offline learning, Elementary School, Pandemic Covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...