Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 1, No 1 (2018): Arfak Chem

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA ADVENT MANOKWARI

Ingrit Pungki Sumarandak (Universitas Papua, Manokwari)
Apriani Sulu Parubak (Universitas Papua, Manokwari)
Achmad Rante Suparman (Universitas Papua, Manokwari)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Penelitian tentang pengaruh gambar dan metode pengajaran gambar pada hasil belajar kognitif siswa pada bab hidrokarbon pada siswa kelas X SMA Advent Manokwari, bertujuan untuk membandingkan metode pembelajaran gambar dan gambar dengan metode pengajaran konvensional pada hasil belajar kognitif siswa dan persen pengaruh penggunaan metode pengajaran gambar dan gambar. Penelitian ini menggunakan quasi - experimental dengan pre test dan post test group dengan melibatkan kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi kognitif siswa dari tes esai. Analisis data digunakan untuk menganalisis hasil dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, untuk menganalisis hasil data menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa dalam penggunaan model pembelajaran gambar dan gambar. dengan efek 43,4%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...