AbstrakPenelitian ini berjudul penerapan model Problem Based Learninguntuk meningkatan hasil belajar kognitif kimia materi hukum dasar kimia dan konsep mol peserta didik kelas X SMK N 1 Danau Sembuluh Seruyn Kalimanatan Tengah tahun pelajaran 2020/2021 (Secara Daring). Tujuan penelitian ini, adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran kimia materi hukum dasar kimia dan konsep mol dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Reserch (CAR) yang menggunakan data pengamatan langsung terhadap jalannya proses pembelajaran di kelas.. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa, Penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan rata–rata hasil belajar siswa meningkat dari siklus I 57,89, siklus II 69,47 dan siklus III 81,05. Ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, pada siklus I 52,63% pada siklus II 73,68% dan pada siklus II 89,47%.Kata Kunci: Hasil Belajar, Hukum Dasar Kimia, Konsep Mol, Problem Based Learning dan Peserta Didik
Copyrights © 2022