Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem

PENGARUH PENGGUNAAN RUMAH BELAJAR TERHADAP HASIL BELAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA SANTO PAULUS MANOKWARI PADA MATERI REKASI REDOKS

Meranti Foresty Hasan (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Apriani Sulu Parubak (Universitas, Manokwari, Indonesia)
Radite Yogaswara (Universitas, Manokwari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan rumah belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi reaksi redoks. Penelitian dilakukan menggunakan quasi experimental dengan time series design. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas X MIA SMA Santo Paulus Manokwari yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan proses pembelajaran menggunakan Rumah Belajar pada materi reaksi redoks didapatkan hasil Standar Gain yang merupakan kuat pengaruh penggunaan Rumah Belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan mendapatkan nilai 0,65 sehingga dapat dikatakan mempunyai pengaruh sedang. Persen pengaruh yang diperoleh sebesar 53 % yang menunjukkan penggunaan Rumah Belajar sebagai media e-learning memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X MIA SMA Santo Paulus Manokwari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...