Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 2, No 1 (2019): Arfak Chem

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMA KRISTEN YABT PADA MATERI SISTEM KOLOID

Riska Apolonia Febiartaty (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Apriani Sulu Parubak (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Radite Yogaswara (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada materi sistem koloid, dan 2) untuk melihat besar persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Kristen YABT Manokwari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus denganĀ  masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, wanwancara dan tes belajar. Sedangkan instrumen validitas data menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan software Microsoft Excel 2013 dan disajikan melalui tabel histogram, grafik, perhitungan rata-rata serta persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) penerapan model pembelajaran Project Based Learnig (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Kristen YABT Manokwari pada materi sistem koloid; b) besar persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik yang diperoleh mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 43% dengan kriteria rendah dan siklus II sebesar 83% dengan kriteria tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...