Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 1, No 1 (2018): Arfak Chem

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA DI SMA YAPIS MANOKWARI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016

Nurjayanti Nurjayanti (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Jacson Viktor Morin (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)
Achmad Rante Suparman (Universitas Papua, Manokwari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Tujuan dari skripsi ini adalah untuk meningkatkan hasil studi Kimia tentang masalah kelarutan dan hasil kelarutan siswa di kelas IPA 11 sma yapis tahun studi manokwari 2015/2016. Ini adalah penelitian kelas rol yang terdiri dari perencanaan aksi, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 11ipa sma yapis manokwari. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Data dilakukan dengan menggunakan deskriptif untuk menganalisis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan metode penyelidikan kelompok penelitian dapat menumbuhkan studi materi kimia siswa. Semakin bertambahnya siswa untuk ditemukan dalam siklus satu ketika siklus satu nilai siswa di 67,6 dan 93,47 dalam siklus dua. Dalam penyimpulan kelompok investigasi dapat menumbuhkan nilai bahan studi kelarutan dan daya ingat siswa kelarutan di kelas IPA 11 sma yapis manokwari.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...